Minggu, April 10, 2011

Pernyataan Jenis Dokumen HTML

Pernyataan dokumen HTML dan XHTML, maupun jenis-jenis Mark-up Language yang lain adalah sebagai pernyataan standardisasi isi dalam sebuah halaman website. Dengan adanya pernyataan ini pada "Source" sebuah dokumen website maka diharapkan bahwa isi dari halaman tersebut merefleksikan ketentuan-ketentuan yang berlaku sesuai dengan pernyataan masing-masing.
Ketentuan yang dimaksud adalah pembatasan penggunaan "tag" ( bukan merek jam tangan, tapi contoh: <p>, <br>, <ol>, <ul>, <li>, <table>, <iframe>, dll ) serta cara penulisan script ( pada umumnya javascript ).
Contoh Pernyataan Yang Dapat Digunakan
Transitional


Strict



Frameset
;

Masih banyak lagi ....... BACA DI SINI SELENGKAPNYA
Pakai pernyataan tipe dokumen yang mana ? Untuk kemudahan, gunakan saja Pernyataan HTML 4.01 Transitional.
Perhatian untuk bahasa: 3 huruf terakhir pada baris pertama : EN" menandakan bahasa Inggris. Jika halaman Anda menggunakan bahasa Indonesia maka ganti menjadi ID"

Kegunaan
  • Tanpa pernyataan dokumen ini :  Hal paling parah yang dapat terjadi adalah  beberapa hal dalam halaman website Anda tidak menampakkan dirinya dan beberapa hal yang menampakkan diri terlihat tidak seperti yang Anda inginkan (itu bila Anda tau pasti mestinya gimana). 

    Motivasi: bahkan pembuat website kelas atas pun pasti pernah mengalami secara pribadi penampakan-penampakan yang luar biasa ( dalam arti tidak biasanya ). Mengapa ? karena ada banyak faktor yang mempengaruhi penampakan sebuah halaman website sampai pada layar monitor Anda. Warna akan berubah sesuai dengan pengaturan pribadi atas monitor, VGA card, dan browser ( jendela perambah, mau sok pake bahasa Indonesia malah Gak Mudeng !! ). Begitu pula hal-hal lainnya.

    Jadi jangan khawatir, teruskan perjuanganmu. Oh ya, ... Secara SEO, ada tidaknya pernyataan dokumen tersebut, sejauh ini tidak mempengaruhi peringkat pada listing "Search Engine"
  • Dengan adanya dokumen ini : Hal paling baik terjadi (bila Anda belum tapa pendem 9 bulan mencari pencerahan html) adalah tidak ada.
  • Dengan adanya dokumen ini : Bila Anda berada pada level yang lebih baik dari yang belum pernah bertapa maka Anda dapat dengan bangga menempatkan hal berikut ini :
    Valid HTML 4.01 TransitionalValid CSS!

    Jang biru buat css. Coba klik gambar di atas maka akan terlihat bahwa halaman ini banyak error-nya karena menggunakan berbagai javascript tambahan (dalam widget) dan lain-lain..
  • Kesimpulan pilih jalan hidupmu sendiri-sendiri. Kami tidak kan menyimpulkan hal ini tidak berguna (ntar informasi ini ga berguna pula dong)   ...
Buat Yang Mao Pake
Letakkan di baris pertama dan kedua dokumen :
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"
"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">
<html>
<head>........... Selanjutnya terserah Anda .....

Ingat selalu "EN" Pada akhir baris pertama:

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

menyatakan bahasa utama yang digunakan dalam halaman website tersebut adalah bahasa Inggris (ENglish).. Apabila menggunakan bahasa utama yang berbeda, silahkan lihat daftar bahasa iso lengkap








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan posting komentar rekans sekalian. Trims.

Berlangganan artikel dari Blog ini Gratis !!!
[Valid RSS]Via Feed
Atau via E-mail dengan cara memasukkan alamat E-mail di bawah ini: